SMAII

I. SEJARAH

SMA Islam Nurul Musthofa merupakan salah satu lembaga pendidikan berbasis pesantren di bawah naungan Yayasan Iltizamu Tauhid wa Taqwa (ITT Foundation) sebagai lanjutan dari Playgroup, Preschool, SD hingga SMP yang ada di Lembaga Pendidikan Islam Internasional (LPII) Nurul Musthofa untuk andil dan berdharma bakti terhadap pendidikan umat dan bangsa Indonesia.

Hadirnya SMA Islam Nurul Musthofa sebagai wujud kepedulian dan niat yang tulus dari Yayasan Iltizamu Tauhid wa Taqwa untuk mewujudkan lembaga pendidikan yang bermutu, berkualitas (excellent academy) dan berkarakter mulia (noble character) sehingga mampu melahirkan generasi muda calon kader pemimpin bangsa pengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berkarakter nasionalist, contextual, innovative, creative, holistic, competitive, dan menjunjung tinggi semangat keberagamaan serta mampu menjawab perkembangan dan kemajuan di tingkat global dengan tetap menjaga nilai-nilai luhur budaya nasional.

Dengan semangat ibadah dalam mewujudkan tujuan dan komitmen adanya SMA Islam Nurul Musthofa, lembaga ini diasuh dan dikelola oleh pendidik yang memiliki dedikasi dan integritas tinggi dalam mendidik, profesional, dan berkompeten serta menjadi teladan sesuai bidang masing-masing, dan cakap berbahasa Arab dan Inggris. Serta mendapatkan pembelajaran Alquran secara intensif diasuh langsung para huffadz (penghafal Alquran). Untuk mencapai tujuan tersebut dapat menyeimbangkan antara kemampuan emosional dan spiritual para peserta didik, dengan memberikan materi pembelajaran sesuai dengan kurikulum Pendidikan Nasional, kurikulum pondok pesantren (ma’had), dan Advance Curriculum.

II. VISI

Go International dengan ketakwaan untuk mewujudkan kader pemimpin yang Beriman, Nasionalis, Cendekia, Mandiri, dan Kreatif.

III. MISI

  1. Menanamkan nilai-nilai ketauhidan, keimanan, dan ketakwaan kepada Allah Swt.
  2. Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terkini dengan nilai keislaman.
  3. Membekali pengetahuan dan pemahaman agama, Alquran, dan ibadah yang benar.
  4. Mewujudkan peserta didik yang berakidah, cerdas, mandiri, dan kreatif melalui proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, variatif, dan menyenangkan.
  5. Menguatkan minat dan bakat santri di berbagai bidang untuk mendorong lahirnya generasi mandiri, kompetitif, berprestasi serta berakhlakul karimah.
  6. Menciptakan ekosistem sekolah yang berorientasi pada prestasi, partisipatif, dan pembiasaan baik dengan semangat Go International with Tauhid, Taqwa, Scinece, and Language.

IV. DASAR PEMIKIRAN

Yayasan Iltizamu Al-Tauhid wa Al-Taqwa (ITT) merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menghantarkan kader-kader muda Islam menjadi generasi yang robbani (mengenal diri dan tuhannya), tarbawi (terpelajar), qurani (cinta dan mengamalkan al-Quran), nasionalis (cinta tanah air), cendekia (kepemimpinan), dan humanis (rasa kemanusiaan dan kepedulian) dengan mengintegritaskan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) terhadap pemikiran kontemporer. Salah satu shibghoh Yayasan Iltizamu at-Tauhid wa at-Taqwa ialah Go International with Tauhid Taqwa Science and Language “Praying And Action Are Power”, dengan dasar pemikiran, yaitu:

  1. Ikut aktif dalam mencerdaskan anak-anak dan generasi muda bangsa Indonesia dengan menyelenggarakan pendidikan yang baik, bermutu dan berkualitas Internasional.
  2. Didiklah anakmu karena mereka akan hidup di zaman yang tidak sama dengan peradaban kalian, (Sayyidina Umar Ibnu Al-Khattab ra);
  3. Tafaqquh fiddin, yaitu memperdalam agama, (QS. At-Taubah: 122);
  4. Dan Allah mengajarkan Adam AS akan nama-nama semua benda” (QS. Al-Baqarah: 31)
  5. “Berpeganglah kamu pada tali Allah dan janganlah kamu bercerai berai” (QS. Al- Imron: 103);
  6. Dan Aku jadikan kalian umat yang independen”, (QS. Al-Baqarah: 143).

 

V. MOTTO

  1. Nasionalist
  2. Contextual
  3. Innovative
  4. Creatif
  5. Holistic
  6. Competitive

 

VI. KARAKTERISTIK PENDIDIKAN

Menyelenggarakan pendidikan kontekstual, kreatif, islamic value, dan menyenangkan serta holistik sesuai karakter santri dengan menerapkan metode pembelajaran yang variatif dengan pemanfaatan multimedia dan teknologi informasi melalui pembelajaran dan pembimbingan (student guidance) intensif dan berkelanjutan.

VII. KURIKULUM

Kurikulum yang diterapkan di SMA Islam Nurul Musthofa adalah kurikulum 2013, dengan pengembangan kurikulum berdasarkan pada Standar Nasional Pendidikan Plus.  Nilai plus pada muatan isi kurikulum tentunya harus memuat bahan kajian yang memberikan nilai lebih pada kompetensi hard skill dan soft skill siswa SMA dengan karakter keagamaan sehingga siap dan mampu menjawab berbagai tantangan dan perkembangan zaman.

Untuk mewujudkan ketercapain kompetensi dalam muatan isi kurikulum,  SMA Islam Nurul Musthofa memberlakukan sistem pendidikan semi berasrama (semi boarding school) dengan masa pendidikan 3 (tiga) tahun.

VIII. KONSENTRASI PEMINATAN

SMA Islam Nurul Musthofa menerapkan konsentrasi peminatan, yaitu:

  1. Matematika
  2. IPA

IX. ADVANCE PROGRAME

  1. Qiroah Binnadhor 30 Juz dan Tahfidz (9 Juz)
  2. Alquran Learning Camp
  3. Achievement Motivation Training (AMT)
  4. Outbond – Cross Country – Scouting
  5. Manasik Haji-Umroh, SBT, Kajian Kitab
  6. Pembelajaran multimedia (ICT program)
  7. Kelas Olimpiade (OSN) dan Eksperimen Sains
  8. Enterpreneur project, turots islamiyah/fathul kitab, Khot, Pentas Seni, Sport Club.
  9. Saturday Fun Conversation & English Fun Day
  10. Student Exchange Program
  11. Overseas Australia, Turki, dan Umroh
  12. Pengembangan Bakat Minat
  13. Kelas intensif pembinaan SBMPTN kelas XII
  14. Khotmil Quran dan Wisuda
  15. Rihlah Iqtishodiyah & Field Study
  16. Science Programe, amaliyah at-tadris (praktik mengajar).

X. STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL)

  1. Akidah Islam yang benar dan kuat.
  2. Sopan santun, beradab, dan akhlakul karimah.
  3. Hafal Alquran 9 juz dan 40 hadits Nabi Muhammad SAW.
  4. Lancar berbahasa Inggris dan Arab.
  5. Kemampuan leadership dan kewirausahaan.
  6. Prestasi akademik yang optimal.
  7. Siap untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi Dalam Negeri dan Luar Negeri.
  8. Stepping to The Top.

XI. KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan Sekolah dimulai pukul 06.30 shalat Dhuha, membaca Asma’ul Husna dan doa sebelum belajar. Kemudian santri qiroat/tahfidz al-Quran dilanjutkan Morning Relax Conversation.

Pada waktu siang, bakda Sholat Duhur berjamaah, santri dilatih untuk berpidato dan ta’lim sesuai dengan bahasa yang mereka minati.

XII. PENGEMBANGAN DIRI

  1. Bimbingan Konseling (BK) dan Bakat Minat
  2. Privat/takhsis dan pendampingan belajar intensif
  3. Study Club dan Forum Group Discussion
  4. OSIS (Organisasi Siswa SMA Islam Nurul Musthofa)
  5. Pramuka, Nasyid, Olahraga, dan Beladiri
  6. Kelas Intensif bahasa dan Muhadhoroh 3 bahasa
  7. Penyembelihan Kurban, Micro Teaching, Translating
  8. Seni baca Alquran (murottal dan qiroah)
  9. Majlis Taklim dan Dzikr
  10. Social Educate and Charity Programe.

XIII. Kegiatan Ekstrakurikuler

    1. Setoran hafalan Alquran (Murojaah)
    2. Kelas Olimpiade (OSN)
    3. Karya Ilmiah Remaja
    4. Olahraga dan seni
    5. Privat dan study club
    6. Ekstra pilihan siswa
    7. Privat dan Bimbingan Intensif Sukses UN Kelas XII

XIV. KALENDER PENDIDIKAN

Kalender pendidikan adalah pengaturan waktu untuk kegiatan pembelajaran peserta didik selama satu tahun pelajaran. Kalender pendidikan mencakup  permulaan tahun ajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur.

Setiap permulaan tahun pelajaran, tim penyusun program di sekolah menyusun kalender pendidikan untuk mengatur waktu kegiatan pembelajaran selama satu tahun ajaran yang mencakup permulaan tahun pelajaran, minggu efektif belajar, waktu pembelajaran efektif dan hari libur. Pengaturan waktu belajar di sekolah/madrasah mengacu kepada Standar Isi dan disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, karakteristik sekolah/madrasah, kebutuhan peserta didik dan masyarakat, serta ketentuan dari pemerintah/pemerintah daerah.

Beberapa aspek penting yang menjadi pertimbangan dalam menyusun kalender pendidikan sebagai berikut.

  • Permulaan tahun pelajaran adalah waktu dimulainya kegiatan pembelajaran pada awal tahun pelajaran pada setiap satuan pendidikan. Permulaan tahun pelajaran telah ditetapkan oleh Yayasan ITT yaitu bulan Juli setiap tahun dan berakhir pada bulan Juni tahun berikutnya.
  • Minggu efektif belajar adalah jumlah minggu kegiatan pembelajaran untuk setiap tahun pelajaran.
  • Waktu pembelajaran efektif adalah jumlah jam pembelajaran setiap minggu, meliputi jumlah jam pembelajaran untuk seluruh mata pelajaran termasuk muatan lokal, ditambah jumlah jam untuk kegiatan pengembangan diri.
  • Waktu libur adalah waktu yang ditetapkan untuk tidak diadakan kegiatan pembelajaran terjadwal.
  • Waktu libur terdiri atas :
  1. Libur Akhir Semester Gasal : 1 minggu
  2. Libur Akhir Semester Genap : 2 minggu
  3. Libur Hari Raya Idul Fitri : 15 hari (1 minggu sebelum dan sesudah)
  4. Libur Hari Raya Idul Adha : 4 hari
  5. Libur Tahun Baru Islam : 1 hari
  6. Libur Tahun Baru Masehi : 1 hari
  • Hari libur umum/nasional atau penetapan hari serentak untuk setiap jenjang dan jenis pendidikan disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah Pusat/Provinsi/Kabupaten.
  • Hari libur Peringatan Hari Besar Islam digunakan untuk kegiatan peringatan HBI dan pengembangan diri.
  • Hari libur selain yang tertulis di atas diatur dan ditentukan oleh yayasan.

Kalender Pendidikan SMA Islam Nurul Musthofa disusun mengacu kepada panduan Kalender Pendidikan yang disusun oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dan ketetapan Yayasan Iltizamu Al-Tauhid wa Al-Taqwa.

X